Selasa, 07 Desember 2004

Sekilas Berorganisasi di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) UNTAN

Bendera GMNI
Saya mulai beraktivitas di GMNI pada bulan November 2001. Tepat 3 bulan setelah menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pada saat awal kuliah, saya membaca brosur penerimaan Kader GMNI di dinding Kampus, saat itu saya tidak mengetahui secara detil tentang organisasi mahasiswa ini. Berhubung ada Kontak Person yang ditampilkan disitu, saya mencoba untuk mencari tahu.

Sampailah saat itu saya bertemu dengan salah seorang anggota GMNI yang cukup saya kenal. Beliau adalah Bang Zakaria. Beliau merupakan Kakak Tingkat dan juga salah satu senior saya kenal pada saat Ospek atau Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus.

Melalui beliau, saya diarahkan untuk mengikuti pendidikan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD). Pembukaan KTD dilakukan di Auditorium Lama UNTAN yang berlokasi di Komplek S2 Program Magister Ilmu Hukum. Dilanjutkan di Mess Untan yang tak jauh dari situ. Lokasi yang terjangkau memudahkan saya untuk mengakses pendidikan tersebut.

Pada saat mengikuti KTD, saya mulai mengenal beberapa teman-teman dari kampus yang sama maupun yang berbeda. Saya tidak sendiri dari Kampus Hukum UNTAN. Ada Bung Darman dan Bung Abdul Hadi. Keduanya merupakan teman satu angkatan. Dari Kampus Ekonomi saya mengenal Bung Zuni (Kelak Menjadi Ketua DPC GmnI Kota Pontianak).

Selain Peserta, di Forum KTD itu juga bertemu dengan Senior GMNI yang lainnya. Ada Bang Isa, Bang Wawan, dan Bang Zack Tentunya. GMNI merupakan organisasi ekstrakurikuler mahasiswa pertama dan terakhir yang saya ikuti selama menempuh pendidikan di Bangku Kuliah.

Materi Pendidikan di GMNI pada waktu itu sangat minim saya dapatkan. Selain Pengetahuan tentang Keorganisasian, kami juga diberi gambaran tentang sejarah, nasionalisme, ideologi dan lain-lain. Sampai pada akhir pertemuan tersebut. Kami di arahkan untuk menggeluti organisasi intrakurikuler yang berada di Kampus. Pilihan Organisasi tersebut dikembalikan kepada kami. Apakah mau memilih organisasi jurusan, pecinta alam, seni maupun bakat minat yang lainnya.

Berikutnya saya sadari bahwa perjalanan 1000 KM diawali dari langkah pertama. Disinilah saya belajar pertama kali tentang Organisasi Mahasiswa.

Next, Saya akan bahas tentang pengalaman dan kegiatan yang pernah saya ikuti dalam organisasi.